Lowongan kerja Teranyar

Tips Cara Memahami Tujuan Proses Wawancara Kerja



Tips Cara Memahami Tujuan Proses Wawancara Kerja, Sebuah wawancara kerja (employment interview) merupakan pertemuan formal tempat anda atau kandidat pemberi kerja saling mengajukan pertanyaan dan berbagi informasi. Hal ini perlu menjadi Pemahaman bagi anda dalam menyikapi Tujuan Umum Dalam Wawancara Kerja.

Tips Cara Memahami Tujuan Proses Wawancara Kerja


Pertemuan ini memiliki tujuan rangkap :

  • Tujuan utama organisasi adalah mencari orang terbaik yang tersedia untuk pekerjaan itu dengan menentukan apakah anda dan perusahaan merupakan pasangan yang baik
  • Tujuan utama anda adalah menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan tujuan dan kecakapan anda.

Organisasi besar yang merekrut ratusan karyawan baru setiap tahun lazimnya melakukan pendekatan yang lebih sistematis dalam proses perekrutan dan wawancara daripada bisnis lokal kecil yang hanya merekrut beberapa karyawan baru setiap tahun.

Pada umumnya, cara termudah untuk berhubungan dengan perusahaan besar melalui kantor penempatan tenaga kerja di kampus, sedangkan cara paling efisien untuk mendekati perusahaan yang lebih kecil dengan mengontak langsung perusahan itu.

Urutan wawancara yang Lazim

Tidak semua organisasi mewawancarai para kandidat berpotensi dengan cara yang sama. Pelamar sering menghadapi serangkaian wawancara, masing – masing dengan tujuan yang berbeda – beda.

Pertama tahap penyaringan (screening stage) awal, yang umumnya diadakan di kampus untuk perekrutan lulusan baru dan untuk membantu pemberi kerja menyaring para pelamar yang tidak memenuhi syarat. Para kandidat yang paling memenuhi persyaratan organisasi diundang untuk mengunjungi kantor-kantor perusahaan untuk evaluasi selanjutnya.

Wawancara pada tahap penyaringan cukup terstruktur, sehingga para pelamar sering mendapat pertanyaan yang kurang lebih sama. Banyak perusahaan menggunakan lembar evaluasi standar untuk ”membuat peringkat” para pelamar sehingga semua kandidat diukur dengan kriteria yang sama. Dalam beberapa kasus, teknologi mentransformasi wawancara para kandidat melaui telepon, wawancara video atau komputer.

Pendekatan terbaik untuk wawancara pada tahap penyaringan adalah mengikuti arahan pewawancara. Usahakan respon anda singkat dan langsung pada sasaran. Waktunya terbatas, sehingga terlalu bayak bicara dapat menjadi kekeliruan besar. Akan tetapi, untuk membuat pewawancara melihat perbedaan antara anda dengan para kandidat lainnya dan untuk menunjukan kekuatan dan kualifikasi anda, cobalah memberikan penekanan pada ”tema” yang anda gunakan dalam mengembangkan resume.

Membantu organisasi untuk sedikit mempersempit bidang. Lazimnya, jika diundang untuk mengunjungi sebuah wawancara anda akan berbicara dengan beberapa orang, anggota departemen sumber daya manusia , satu atau dua calon kolega dan calon penyelia.
Pendekatan terbaik anda selama wawancara tahap seleksi (selection stage) adalah memperlihatkan minat pada pekerjaan, mengaitkan ketrampilan dan pengalaman anda dengan kebutuhan organisasi, mendengarkan dengan penuh perhatian, mengajukan pertanyaan yang mendalam dan menunjukan antusiasme.

Jika para pewawancara setuju bahwa anda adalah kandidat yang baik, anda akan menerima penawaran kerja, pada saat itu juga ataupun beberapa hari kemudian melalui telepon atau surat.

Dalam kasus lain, anda mungkin akan diundang kembali untuk wawancara terakhir oleh eksekutif peringkat lebih tinggi yang berwenang untuk membuat keputusan perekrutan dan untuk memutuskan kompensasi anda. Tujuan yang mendasari tahap akhir (final stage) ini sering kali adalah menawarkan anda manfaat bergabung dengan organisasi itu.

Demikianlah artikel "Cara Memahami Tujuan Proses Wawancara" semoga dapat merefrensikan kebutuhan sobat. Baca juga artikel yang sebelumnya tentang Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Wawancara Kerja


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by jawak